Bertemu Pamenang, Samsu, dan Pak Warso di Solo. Bagian 1.

samsu04_cropLiburan sekolah akhir tahun 2008 ini aku (isroi) dan keluarga berkunjung ke Solo. Selain bersilaturahmi dengan para sanak family, aku juga mengontak teman-teman Fabio 93 yang tinggal di Solo. Alhasil, aku sempat bertemu dengan kawan lama, yang sudah luamaaa zekali tidak bertemu. Mereka adalah Samsu, Pak Warso (Suwarsono), dan Pamenang.

Hari Kamis, hari pertama di tahun 2009. Kami memutuskan untuk pergi ke Solo, karena waktu liburan Royan dan Ibrahim sudah hampir habis. Mereka harus kembali masuk sekolah tanggal 5, jadi tinggal 4 hari lagi. Kalau dikurangi 1 hari untuk istirahat (karena lelah liburan) plus 2 hari perjalanan, jadi tinggal 2 hari. Sore hari selepas sholat asar, kami berangkat ke solo.

Bertemu Samsu di Mojosongo

samsuSebelumnya, aku sudah kontak dulu ke Samsu (M Bhakti Samsu Adi) kalau aku mau ke Solo. Kalau perhitunganku tidak meleset, mungkin jam 7 – 8 sudah sampai di solo. Rupanya Samsu yang memang sudah lama sekali tidak ketemu merespon dengan cepat. Samsu janji akan memenuiku sekitar jam 7.30 malam. Kami janjian di rumah kakakku, di Perum Mojosongo Solo.

Kami melaju dengan santai. Sekitar pukul 6.30 malam, kami baru masuk kota Klaten. Aku jadi ingat, kalau di kota ini banyak alumni Fabio 93. Mungkin kota yang paling banyak alumni biologi 93-nya. Teman-teman yang masih aku ingat berasal di kota ini adalah: Muhamat, Pamenang, Joko Sukirno, Hastini, Hendrianto, dan Kukuh. Aku kirim pesan singkat ke Samsu, mengabarkan kalau aku baru sampai di Klaten. Kira-kira pukul 7.30 kami baru masuk kota Solo.

Sesampainya di Jl. Slamet Riyadi, jalan protocol yang membelah kota Solo. Sebuah sms masuk, dari Samsu. Dia menanyakan aku sudah sampai mana? Aku telepon Samsu, kalau aku sudah dekat dengan Mojosongo. Sesampainya di rumah kakaku, aku segera sms alamat rumah kakaku. Rupanya Samsu juga sudah dekat dengan Mojosongo.

Aku tidak bertemu dengan Samsu sejak aku lulus kuliah, tahun 1999. Jadi sudah 10 tahun tidak bertemu. Dulu kami sering aktif bersama, kami sama-sama aktif di UKI dan UKKI. Teman kelompok ngajiku. Yang masih aku ingat dari Samsu adalah dia orangnya gemuk, wajah bulat, kulit sawo ‘busuk’ (karena lama dijemur di NTB) dan suka ‘cengengesan’. Karena sudah luama zekali tidak ketemu, aku jadi penasaran; sudah seperti apa Samsu sekarang.

Dengan penuh penasaran aku tunggu Samsu di depan Rumah. Tak berapa lama sebuah motor Tiger mendekat. Penunggang motor tampak gemuk dibalut baju hujan tebal dan pake helm cakil hitam. Teman-teman yang juga penasaran dengan wajah Samsu sekarang bisa melihat detik-detik kedatangannya.
samsu01

samsu02

samsu03
Jebul Samsu masih seperti yang dulu: cengengesan.

Samsu ini contoh nyata dari orang yang beruntung. Sama seperti aku, kuliah biasa-biasa saja, lulus tergolong lama, dan pura-pura aktif di kampus biar ada alasan kalau belum lulus. Sempat terdampar di NTB selama 3 bulan. Setelah lulus merantau ke pulau Kalimantan selama beberapa tahun. Trus katanya sempat ke Bandung. Di sana numpang di kostnya Hadi Hartono. Lalu melanjutkan kuliah S2 di UNS. Pulang kampung merintis usaha jamur dan sukses di Simo, Boyolali. Dan sekarang sudah jadi CPNS di Departemen Kesehatan. Samsu menikah dengan anak seorang tuan tanah di Sukoharjo. Katanya ketemunya waktu di Kalimantan. Dari perkawinan itu Samsu sudah punya anak 1, laki-laki. Sudah punya rumah, dua lagi; satu di Simo, Boyolali dan satu di Sukoharjo. Saking makmurnya berat badan Samsu sekarang lebih dari 80 kg. Hebat kan….!!!


Foto-foto Samsu, istri, dan putra tunggalnya.

Samsu menjadi staf peneliti di salah satu balai penelitian di bawah DepKes. Kantornya ada di Tawangmangu Karang Anyar. Samsu bercerita dan sekalian ngasih tips. Katanya dia sukses menembus cpns karena mengamalkan ilmu-nya Yusuf Mansyur: sedekah. Benar-benar mujur, karena masuk menjadi cpns tanpa harus berdesak-desakkan seperti penerimaan cpns tahun ini, bahkan tanpa wawancara. Padahal, katanya, dia sudah sempat mencoba melamar ke beberapa departemen namun tidak tembus-tembus.


Setelah 10 tahun tidak pernah bertemu, akhirnya bertemu juga di Solo.

Tak terasa, kami ngobrol sampai larut malam. Samsu bercerita tentang pengalaman dan petualanganya selama ini. Dia juga sempat ketemu dengan teman-teman yang lain. Seperti Hadi Hartono yang sudah tidak jadi ranger lagi. Sekarang sudah lulus S2 dan jadi pns di kota kelahirannya, Tasikmalaya. Dia juga sempat main ke Banjarnegera untuk bertemu dengan Gagar Akhirman dan Arief Subagyo. Gagar sekarang jadi pengusaha ayam petelur dan jamur yang sukses di Banjarnegera. Namun, Gagar masih membujang. Arief jadi pns di Bapedal Banjarnegera. Sudah makmur, punya rumah sendiri, punya mobil sendiri, tapi masih membujang juga. (Mungkin masih belum bisa melupakan ‘mojang priangan’ yang dulu itu lho…). Di Wonosobo, Samsu bertemu dengan Edi Swasono yang juga jadi pns dengan sangat luancar bin mulus. Di Temanggung, Samsu bertemu dengan Aris Maryanto yang menikah dengan Mbak Nurul 92. Sekarang Aris jadi wiraswasta di kota Temanggung. Setelah bercerita panjang dan lebar, kira-kira pukul 11 malam lebih Samsu baru pamitan.

gagar01
Gagar, alumni fabio 93 yang dulu pendiam itu kini jadi pengusaha telur dan jamur di Banjarnegara. Masih bujang lho…., siapa mau mendaftar.

3 responses to “Bertemu Pamenang, Samsu, dan Pak Warso di Solo. Bagian 1.

  1. Buat mas Adi (eh Samsu):
    Ooo, gitu maksudnya nyuruh2 aku mampir mau pamer tampang.
    Tapi boleh juga at least tidak terjadi penurunan (berat badan maksudnya).

  2. assalamu alaikum
    mas,..sebelumnya salam kenal dulu deh,
    surprise banget nih ceritane aku nemu blog sampeyan soalnya disana ada beberapa nama yang aku kenal sangat baik mas pamenang sama mas warso dan mas aan lha wong mereka itu satu kos sama aku dulu di cendana purwokerto, tolong sampekan salam aja buat mereka kalo sempet ketemu ya mas, salam dari simbed alias badruz tegal.
    mas sekalian minta tolong ya gmn saya bisa menghubungi mereka apa mereka punya facebook atau blog dll, kalo ada add saja di fb saya badruzz@rocketmail.com
    matur nuwun
    wassalam

  3. Assalamualaikum,..wr wb…
    selamat ya sam, wah jd inget wkt mbok telpon kl kamu ketrima pns sam, aku hampir nabrak kucing krn geli hpku bunyi he..he… ok deh sukses ya, kl ada wkt main ke jogja. salam tuk keluarga

Tinggalkan Balasan

