Catatan Kecil dari Acara Reuni Kampus Fabio Unsoed: Isroi 93


Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4


Bagian 4

Taman reptile ada di Purbalingga, kurang lebih 30 km dari kampus. Selain taman reptile ada juga taman ikan air tawar yang letakknya berdekatan. Kami menuju Purbalingga lewat jalan alternative Pabuaran. Aku agak sedikit lupa jalan ini, meskipun dulu hampir setiap minggu aku pergi ke Purbalingga bersama dengan Ust Ammar. Hujan rintik-rintik menemani perjalananku. Susah juga untuk sampai ke taman-taman itu. Hujan, fasilitas jalan yang kurang mendukung, ditambah tidak ada papan penunjuk arah yang jelas. Hampir saja kami kesasar dan harus bertanya berkali-kali. Akhirnya kami sampai juga ditaman ini.

Taman ini sepertinya milik pribadi dan belum ditata dengan baik. Mungkin idenya mau seperti Sea Word yang ada di Ancol. Tetapi untuk ukuran jawa tengah, taman ini sungguh luar biasa. Royan dan abik senang sekali. Seperti tidak peduli dengan derasnya air hujan, anak-anak tetap asik melihat-lihat ikan. Apalagi melihat ikan arwana raksasa yang bobotnya mencapai 300 kg. Ikan ini sama seperti yang ada di sea word.

Setelah puas di taman ikan air tawar, kami melanjutkan ke taman reptile. Jaraknya memang tidak begitu jauh, tetapi jalan yang belok-belok membuat aku sedikit kebingungan mencarinya. Di bagian depan taman ini di tata lebih baik dari tempat sebelumnya. Abim yang dari tadi sudah tidak sabar segera berlai masuk ke ruang depan. Abim terus merengek-rengek mencari ular-ular jinak yang boleh dipegang. Hari sudah sore, hanya ada beberapa pengunjung saja yang ada. Kami menjadi lebih leluasa untuk melihat isi taman reptile ini.

Bagian ular jinak ada di bagian belakang. Ini adalah ular-ular tidak berbisa yang ukurannya juga tidak besar. Abim tidak sabar menunggu petugas mengambil ular-ular itu. Abim memang suka dengan binatang dan tidak takut atau jijik dengan binatang2. Dia berani memegang belalang sembah, kumbang, cacing, luwing, dan ‘kinjeng’. Tapi belum pernah dia pegang ular. Sungguh di luar dugaanku, ternyata abim tidak takut dengan ular. Bahkan dia tampak senang dengan mata berbinar-binar ketika dikalungi ular. Kakaknya Royan hanya berani pegang saja, dia takut ketika mau dikalungi ular.

Karena terlihat berani, petugas menawari abim masuk ke kandang ular. Tentu saja dia semakin senang. Ini adalah pengalaman luar biasa untuk abim dan untuk aku tentunya. Aku semakin memahami karakter anak-anakku.

Abim tambah berani dengan ular. Ketika dia melihat ular sanca sebesar paha yang berwarna kuning terang, dia girang sekali dan minta mau pegang ular itu. Tetapi penjaga tidak memperbolehkannya, karena agak berbahaya untuk anak kecil. Ular ini bisa memakan kambing kecil bulat-bulat.

Kemudian kami berkeliling, melihat koleksi-koleksi yang lain. Di taman ini ada juga macam-macam awetan serangga. Banyak dan bermacam-macam koleksi yang ada, meskipun belum selengkap taman zoology di bogor.

Karena sudah semakin sore dan taman segera mau tutup, kami harus segera keluar juga. Royan dan abim sebenarnya belum puas bermain dengan ular, tetapi apa boleh buat. Kami masih harus menempuh perjalanan 300 km, lewat Banjarnegara – Wonosobo – Temanggung – Magelang.

Meskipun masih ada rasa yang tertinggal di kampus biru, kami tetap melaju menembus gelapnya hujan. Selamat tinggal almamaterku, selamat tinggal kampus biru, selamat tinggal teman-teman, suatu saat aku akan kembali.

Iklan

2 responses to “Catatan Kecil dari Acara Reuni Kampus Fabio Unsoed: Isroi 93

  1. Hei, Mas Isroi ada di wordpress juga. Sebelumnya aku dah komen yang di blogspot. Mas asli Purwokerto atau kuliahnya aja yang di Unsoed?
    Klo aku memang asli Banyumas. Dulu SMA-ku di SMAN 2 Pwt.

  2. Pak Bahtiar, Isroi dan saya alumni Unsoed, bukan asli Banyumas. Kami memang membuat blog ini untuk merekatkan kembali teman-teman yang tersebar ke mana-mana. Terima kasih telah mengunjungi blog saya dan juga blog yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s