Loyalitas atau Kepentok Ya ….?

[Dwi Esti A]
Bingung sebenarnya mau mulai dari mana, tapi akan saya coba untuk menuliskan sesuatu yang sekarang seorang Dwi Esti Anggorowati lakukan.

esti 1

Saya sekarang bekerja di Laboratorium Mikrobiologi, Breeding Operation Division. Satu divisi pada PT Central Pertiwi Bahari (CP group). Mungkin bagi temen2 yang sekarang bekerja di lingkungan akuakultur sudah tidak terlalu asing dengan tempat saya bekerja ini. Perusahaan ini dulu dikenal orang sebagai Bratasena dan setelah diakuisisi oleh Charoen Pokpand International (CPI) berganti nama mnenjadi CP bahari.

Pertama kali datang ke tempat saya bekerja, kuaget bukan main, dihutan belantara, dipinggir pantai dibawah bukit, disebuah semenanjung. Tapi saat itu mau pulang rasanya malu karena koper yang dibawa sudah segede gajah. Waktu itu kutekadkan hanya bertahan 3 bulan saja , setelah itu saya akan resign dari perusahaan yang tempatnya sangat ndesit ini. Akan tetapi, sajian nikmat yang selama ini dicari ada ditempat ini, Ilmu baru tempat saya bisa belajar dan mempraktekan ilmu yang sudah Pak Lasam dan Pak Agus bekalkan selama 4 tahun terakhir, Mikrobiologi. Kebetulan saat itu, ada satu seksi yang memang masih dipegang oleh orang luar dan membutuhkan tenaga pengganti. Dan Alhamdullilah, saat itu trainer saya adalah orang-orang luar yang kebetulan sangat murah hati berbagi ilmu dengan saya. Sangat saya syukuri hal ini.

lab_esti

Dalam tulisan ini saya ingin jujur nih, Terus terang, cita-cita saya dari dulu sebelum saya diterima di CP adalah dosen, tapi yang saya inginkan adalah dosen yang tidak hanya berbekal teori semata tapi mempunyai bekal praktek yang cukup sehingga bisa memberikan nilai lebih ke mahasiswanya. Jadi saya dulu berpikir saya akan bekerja di perusahaan ini paling lama 3 tahun, setelah itu sekolah dan daftar jadi dosen. Maaf bukan bermaksud hendak memprotes dosen-dosen saya yang baik, tapi indah sekali rasanya bila kita mempunyai dosen yang tidak hanya pandai secara teori tapi juga tahu secara praktek dan teknik. Dan terus terang lagi kayanya memang UNSOED terutama Fabio perlu orang2 sekaliber Prof Agus Irianto deh. Pak Agus, jujur nih, Bapak jadi inspirasiku untuk semua yang kulakukan ini. Wah kalau Bapak baca tulisan ini, mau dong dikenalin dengan Prof Brian Austin sekaligus dipromotori…hehehe
Ya akan tetapi ternyata garis takdir, satu per satu direntas, dan akhirnya masih bertahan ditempat yang 1 tahun terakhir masih berupa daerah miskin sinyal GSM. “Zero Signal Zone”…but not now..alhamdullilah lagi. Loyalis sejati kata Isroi….hehehe…Ga juga Is, Seandainya bisa lari, pasti sudah kulakukan tahun 2004, tapi kenyataannya, takdir masih belum mengijinkanku pergi dari tempat ini. Keinginan menjadi dosen lama kelamaan sudah agak kabur. Tapi 1 hal yang sangat kusyukuri, hampir setiap 4 bulan banyak mahasiswa yang datang ke laboratoriumku untuk sekedar PKL, magang atau bahkan penelitian. Ya setidaknya tidak mengajar tapi masih bisa membantu mereka di Penelitian. Walaupun hanya sebagai technical advisor saja. Ya ternyata Cita-citaku dikabulkan dengan cara ini.
Hanya saja 1 hal yang membuat sedih, mahasiswa-mahasiswa yang kubimbing belum ada satupun dari fakultasku sendiri atau dari UNSOED. Mahasiswa yang datang kebanyakan dari IPB, Unpad, UNDIP, Unibraw, UNHAS, UGM, UNILA, UNIKA Atmajaya dan beberapa akademi perikanan. Sayang sekali. Padahal menurutku, masih menurutku akan banyak ilmu yang bisa diambil dari tempat ini. Banyak bahan penelitian yang bisa diambil dari tempat ini. Gratis tanpa bayaran. Mungkin untuk teman-teman yang punya adik atau kenalan bisa dikasih tahu. Hanya mengirim proposal saja setelah itu tunggu panggilan.

Kebetulan saat ini ada 2 laboratorium yang sedang diamanati ke saya, laboratorium Bacterial for QC dan Probiotic Production. Dan dari sini banyak yang bisa dimanfaatkan adik-adik kelas sebenarnya. Jika ada yang berminat, saya insya Allah bersedia membantu.
Melalui blog ini, yang pertama saya ingin berbagi dengan teman, adik kelas, siapa tahu ada yang berminat. Yang ke 2 saya ingin bersilahturahmi dengan teman-teman semua.
Terkadang saya merasa, saya menghilang dalam dunia yang entah apa namanya, tanpa kabar tanpa berita dari teman-teman. Mungkin karena kelakuan saya dahulu semasa kuliah ya…yang kelihatan …mengerikan mungkin..hehe…enik bilang ke saya, katanya dulu segan dengan saya. Hahahha….Padahal saya yang segan dengan mereka. Tapi tidak ada yang perlu disesali toh sekarang saya sudah bisa menjumpai temen-temen saya di blog ini. Senang sekali, jujur…
Kerinduan saya pada teman-teman, akhirnya terobati dengan diawali pertemuan saya dengan Isroi di Bogor..tahun berapa is? Waktu itu ada pertemuan mikrobiologi di sana…setelah itu, nomor telepon dan email saya dapat dari dia. Thanks to u Is…Senang sekali, apalagi melihat teman-teman diblog ini dengan keluarga masing-masing, banyak kejutan seperti Beni dan Feri, Heni dan Mas Sarkono. Wah ikut senang melihatnya..hehehe..doakan juga ya moga-moga bisa nyusul kalian secepatnya..Biar Isroi bisa cepet lihat bapak dari anak-anak di fotoku itu. Hahahha…
Maaf ya untuk semua teman-teman apabila saya dulu pernah membuat hati teman-teman tidak nyaman, ada tutur kata atau perbuatan yang tidak berkenan. Sungguh jikalau tahu sebelumnya, bahwa begini indah bertemu dengan kalian di masa dewasa (jangan tua dulu ya…belum mbojo), insya Allah tidak akan pernah disia-siakan tiap hari yang berlalu kala kuliah dulu. Sukses untuk karier, keluarga dan salam untuk anggota keluarga Fabio 93 yang baru, dan cium untuk keponakanku semua. Mampir tempat tante di lampung ya, nanti tante ajak nyari kerang dilaut….atau mau lihat ikan dibawah laut..?..ditunggu deh…hehehe…It’s nice to see u all, my friends…

Iklan

14 responses to “Loyalitas atau Kepentok Ya ….?

  1. Hik…hik….aku jadi ikut sedih, Es…..

  2. Mosok terkejut sih Es……..wah sebenere akeh mahasiswaku ngambil penelitian mikro, tapi masalahnya untuk sampai ke lampung harus nyebrang 3x…kecuali ditanggung biaya perjalanan..he…he…..

  3. sama Es, dulu aku pengen jadi dosen juga he..he, abis lulus tuh P Sukanto,Biotek, nyaranin ke UNHAS, eh….malah jd orang hutan he..he. Tapi esti sekarang bisa menyalurkan cita2 jadi dosen pembimbing…pasti anak2 magang seneng punya bu dosen yang energik dan ceria kaya Bu Esti..

    • Heran, aku dari dulu kok ngak pingin jadi dosen sendiri ya…. (ngeles….padune ngak kualified jadi dosen). Waktu jadi asisten aja, paling males ngoreksi hasil responsi dan quiz. Udah tulisane jelek, susah dibaca, salah lagi….???? Apalagi nyiapin bahan kuliah….ampun deh…. BTW, kalian semua sudah pada sukses di bidangnya masing-masing. Selamat ya… Semoga aku bisa nyusul sukses seperti kalian juga. Amin.

  4. sukses itu ukurannya cuma hati kan is….tapi terus terang aja..dah berjalan 8 tahun ..dan beberapa proses hidup..yang pingin kulakukan adalah membuka usaha sendiri…..paling mantap itu.

  5. aku salut deh sama kamu es, masih konsisten dengan ilmu yg dulu kita dapat, sebenernya dunia yg kamu geluti sekarang ini adalah impianku hingga sekarang, dulu pernah beberapa kali diterima di pengolahan sea food di surabaya, tapi lagi lagi aku sulit melepas pekerjaanku yg sekarang ini. wis poko “e pasti seneng yo es, e e ngomong ngomong kapan pulang ke pwt,aku sekarang di gresik , tetanggaan sama yani maos, dia sering nanyain kamu, karna aku sering buka blok ini.dah dulu ya es…

  6. wanti…aku mau minta no telpon yani…i miss both off u girls…mbok kirim email or kabar ke aku….

  7. Great site this fabio93.wordpress.com and I am really pleased to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor 🙂

  8. Assaamu’alaikum Wr.wb. Aduh, sudah jadimorang sukses ya, Bagi-bagi ilmu ya?

  9. Selamat ya Esti, udah jadi orang yang sukses. Apapun kondisi dan keadaan yang ada sat ini memang itulah yang namanya kehidupan (Loyalitas atau kepentok) kadang tidak sesuai seperti yang kita harapkan & banyak lika-likunya. Yang paling penting masih tetap bisa bersyukur pada Alloh. Saya pingin bersilaturahmi ke tempatmu di Lampung, sekarang saya di Bandar Lampung. Ada kesempatan gk jika pingin bergabung di CPB. Tks.

  10. yg sbr di sana q dah pernah kok tinggal disana tempatny enak rame

  11. Hai, masih kenal aku gak? Dulu aku ga terkenal paling yg kenal ibu kos tok. smoga sukses semua.

  12. Lina A= Lina Amalia ya? Terkenal kok…. tenang aja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s