Silaturahim ke Aris Maryanto di Temanggung

arismaryanto01Sejak lulus dari Fabio aku jarang ketemu dengan teman-teman. Salah satunya Aris Maryanto. Dulu kami sering jalan bareng-bareng. Aris teman yang menyenangkan, suka ketewa, suka main teater, dan hobi main ebeg (ini kata pamenang lho). Lama sekali tidak ketemu dengan Aris. Kalau dihitung-hitung mungkin 10-11 tahun kami tidak bersua.

Setelah sekian lama tidak terdengar kabarnya, akhirnya aku mendapatkan nomor Aris dari Samsu. Langsung aku telepon Aris. Sejak saat itu beberapa kali kami sering telpon-telponan. Kalau telpon Aris bisa lama sekali, maklum dia jualan pulsa.

Aku janji mau main ke rumah Aris di Temanggung kalau ada waktu luang. Rupanya yang namanya ‘waktu luang’ sulit sekali di cari. Liburan tanggal 21 ini ada waktu luang sedikit. Aku sempatkan untuk pulang. Meskipun hujan deras sekali, aku mantapkan hati untuk pulang agar bisa main ke Aris. Kalau tidak sekarang kapan lagi, pikirku.

arismaryanto01

Kamis pagi, sekitar jam 9 telpon Aris untuk minta ancer-ancer rumahnya. Ngasih ancer-ancernya rumit sekali. Jarak Magelang – Temanggung cukup dekat sekitar 20 km. Sampai di terminal aku telepon lagi. Ancer-ancernya begini: dari teminal terus ke barat, lalu ada yamaha, terus lagi sekitar 200 m ada cucian mobil. Ada gang masuk belok kanan. Dah..sampai.

Tapi setelah aku jalan terus ngak ketemu ada yamaha, cucian mobil juga ada beberapa tempat. Mana nih..gang yang dimaksud? Akhirnya telpon lagi. Beberapa kali aku telpon sampai pulsa tipis baru ketemu gang yang dimaksud.

Ha..mbok ngasih ancer-ancernya yang gampang tho…Untuk teman-teman yang kebetulan lewat Temanggung dan mau mapir rumah Aris aku kasih ancer-ancernya yang lebih jelas.
Alamat:
Aris Maryanto
Desa Mardisari No. 8 Rt. 09/Rw. 03 Kel. Kertosari, Temanggung.

Kalau dari arah Magelang atau Semarang, dari terminal masih terus ke arah kota. Jaraknya kira-kira 0,5 – 1 km. Di kanan jalan ada Cucian mobil 55 AutoCare, sebelahnya ada gang dan ada papan Panti Asuhan Muhammadiyah Temanggung. Masuk gang itu sampai ketemu panti asuhan, jaraknya sekitar 50 m. Terus turun di belakang panti asuhan, kira-kira 30 m ada gang ke kiri. Masuk gang, rumah no.8.
Kalau dari arah Wonosobo, lewat kota ke arah luar kota. Kira-kira 0,5 km sebelum terminal ada papan Panti Asuhan Muhammadiyah. Ikuti petunjuk seperti di atas.

arismaryanto01

Dari kejauhan Aris sudah menunggu di mulut gang. Dari postur tubuhnya yang pendek tapi gempal, rambutnya yang berdiri semua, dan bau-nya aku yakin itu Aris. Tak banyak yang berubah dari Aris. Masih suka ketawa sampai kelihatan semua gigi-giginya. Bedanya sekarang Aris memelihara jenggot, panjang sekitar 10 cm meskipun jarang-jarang. Rupanya Aris sudah ‘kembali ke jalan yang benar’.

Aris tinggal di komplek yang cukup asri. Temanggung kotanya bersih dan sejuk. Tidak panas seperti di Jakarta atau Jogja. Rumahnya juga Asri.

Aris kini jadi pengusaha bin wirausaha. Aris cerita kalau dulu pernah kerja di asuransi, tetapi ‘dikadalin’ oleh upline-nya, jadi akhirnya keluar. Trus kerja di sebuah BPR selama lima tahun. Di sini cukup krasan bekerja, tetapi BPR tidak bisa memberi jaminan karir yang jelas. Sampai suatu ketika memutuskan untuk berwirausaha. Pernah membuka fotokopian. Lumayan hasilnya. Cuma kurang maksimal. Kemudian beralih membuka toko di pasar. Meskipun tempatnya lebih kecil tetapi hasilnya maksimal. Kerjanya pun lebih santai. Aris juga membuka kios di rumah. Isinya kebutuhan sehari-hari, sembako dan ada juga baju-baju.

Oh..ya…kalau teman-teman yang lain ngejar-ngejar adik kelas. Aris seleranya lain sendiri, dia malah ngejar kakak kelas. Ya…namanya juga jodoh tidak akan lari ke mana-mana. Aris menikah dengan mBak Nurul Istiqomah. Salah satu bunga kampus fabio Angkatan 92.

arismaryanto01
Aris dan istri, Nurul Istiqomah. Berbahagia menunggu kelahiran putra pertama.

Sebagai lulusan biologi yang pernah ikut kuliah BioRe-nya bu Grat, mereka berdua mencoba mempraktekkan teorinya BioRe. Rupanya teori itu belum terbukti atau malah salah menerapkan teori. Memangnya dulu BioRe dapat nilai berapa sih, Ris. Kok gagal melulu. Setelah bertahun-tahun mencoba, baru sekarang Aris akan dikaruniai momongan. Mbak Nurul saat ini sedang hamil 5 bulan. Ya..semoga sehat dan bisa melahirkan dengan normal dan selamat.

arismaryanto01

Langit mulai mendung, ‘udan salah mongso’. Wong seharusnya udah panas, ini malah udan lagi. Pinginnya sih terus bablas ke Dieng, mampir ke rumahnya Edi Swasono. Trus bablas ke Banjar ke rumah Aris. Trus bablas lagi ke PWT ke teman-teman di PWT, Esti salah satunya. Tapi apa daya waktu, situsai, dan kondisi tidak mengijinkan. Mungkin lain waktu bisa main-main lagi.

Ketika matahari mulai condong ke barat dan bersembunyi di balik mendung, aku pamit pulang. Meskipun tidak begitu lama, tetapi silaturahim ini bisa mengobati kerinduan yang cukup lama. Semoga kapan-kapan bisa mampir lagi. Insya Allah.

Iklan

2 responses to “Silaturahim ke Aris Maryanto di Temanggung

  1. Nah, Tenan kan Roy… Saiki nek ndeleng wajahe Aris ki rasane kaya ndeleng danau di pagi hari…
    Sejuk bin adem gitu loh… Ora kaya mbiyen sing meledak-ledak kaya mrecon. Hi hi… wis jinak kan Roy… Bedane karo Arif, nek Arif isih kaya mbiyen, durung ana sing bisa menjinakkan… (Bom kali ye…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s